7 Manfaat Video Live Streaming Dan Penjelasannya

manfaat-video-live-streaming-senta-studio

Pandemi virus Corona mulai berdampak besar bagi setiap orang pada tahun 2020. Manfaat video live streaming juga sudah mulai dirasakan banyak kalangan. Ya mau tidak mau..

Video Live Streaming adalah penyiaran konten video melalui Internet yang disiarkan secara langsung lewat platform tertentu seperti YouTube, Facebook, Twitch, Instagram dan lain-lain.

Baca juga: Apa itu Video Live Streaming? Ini Penjelasan Lengkap!

Mulai dari instansi pemerintahan hingga perubahan sistem pendidikan yang kini menggunakan sistem daring atau online. Tentu menuai pro dan kontra, wajar saja.

Tapi ada yang unik pada akhir-akhir ini, dikutip dari kompas.com, RCTI dan iNews mengajukan uji materi tentang keambiguan penyiaran Over the Top (OTT) yang disebutkan dalam Pasal 1 ayat 2 UU Nomor 32 Tahun 2020.

Pasalnya RCTI menyebutkan dalam UU tersebut ambigu dan menyebabkan ketidakpastian hukum. RCTI dan iNews juga meminta penyiaran live streaming melalui media sosial juga diatur dalam undang-undang penyiaran.

Baca juga: Apa Jadinya Jika Video Live Streaming di Indonesia Dilarang?

Terlepas dari itu semua, apa sih video live streaming itu? Apa manfaatnya?

Apa manfaat video live streaming sebenarnya?

Ya, dengan fitur yang banyak dan beragam di setiap platform, live streaming di internet punya banyak manfaat pagi streamer atau viewersnya. Apa saja manfaat live streaming itu? Simak ringkasan Senta Studio berikut:

1. Meningkatkan popularitas

Jadi artis sekarang tidak perlu harus masuk TV. Jika dulu untuk mendapatkan label public figure wajib masuk TV terlebih dahulu, kini sudah bukan jamannya.

Kamu hanya perlu konten yang bermanfaat dan menghibur untuk bisa terkenal dijagad maya. Dengan bantuan live streaming kamu bisa bikin ‘siaran’ TV kamu sendiri.

Banyak yang sudah menjadi contoh, seperti selebgram, YouTuber terkenal seperti Reza Arap yang sering main live stream gamming dan lainnya.

2. Meraih keuntungan berlimpah

Setiap orang punya tujuan bukan? Fokus untuk meraih sesuatu pasti tidak mudah jika tidak berusaha sekeras mungkin dalam menekuni sesuatu.

Manfaat video live streaming yang paling banyak dicari adalah untuk mencari keuntungan itu sendiri. Buat apa kamu terkenal tapi tidak menghasilakan sesuatu dari apa yang kamu kerjakan. Hehe.

Banyak cara untuk mendapatkan untung dari modal video live streaming, seperti meningkatkan view YouTube di Google Adsense, meraih stars di Facebook Gamming Creator atau menerima endorse dari pengiklan yang mau pakai jasa promote kita. Banyak sekali.. Kalian bisa pakai berbagai macam cara untuk mendapatkan cuan.

3. Sarana Edukasi

Di masa penyebaran virus Corona, manfaat video live streaming lebih bisa dirasakan untuk melaksanakan proses pembelajaran.

Baca juga: 5 Tips Nikah Tanpa Resepsi Saat Corona

Karena seluruh sekolah diliburkan dan diganti pembelajaran daring, penggunaan live stream video semacam Zoom menjadi laris manis. Semua beralih menggunakan zoom untuk tiap materi pembelajaran sekolah. Tentu bukan menjadi solusi yang efektif, setidaknya siswa tetap bisa belajar walau hanya di rumah.

4. Melatih keterampilan berbicara

Siapa yang sering demam panggung? Kamu tidak perlu takut hal seperti itu jika memanfaatkan video live streaming.

Bisa saja viewers kamu mencapai ribuan, tapi bisa jadi kamu hanya sendirian saat melakukan live stream. Dengan begitu kamu tidak perlu gagap dan nervous saat di depan kamera. Dan itu tepat untuk melatih keterampilan kamu saat berbicara. Bermanfaat sekali bukan untuk kamu.

5. Menciptakan konten VIRAL!

Manfaat video live streaming yang dapat kamu manfaatkan selanjutnya adalah menciptakan konten atau bahasan yang sedang hangat di sosial media. Kamu bisa membahas sesuatu yang out of the box, yang belum dibahas oleh siapa pun.

Tidak harus meniru para streamer lain, kamu bisa membuat konten dengan gaya dan pembawaanmu sendiri. Itu menciptakan sesuatu yang unik dan organik.

6. Mencari Relasi yang Membangun

manfaat video live streaming tidak hanya untuk kesenangan semata kawan. Kamu bisa mencari teman yang bisa diajak untuk berkolaborasi bersama. Membuat konten video yang lebih unik yang tidak bisa kamu buat seorang diri.

7. Meningkatkan omset penjualan

Ini juga sama pentingnya. Manfaat video live streaming jika kamu punya usaha offilne atau online tidak ada salahnya bukan jika mempromosikan produk atau jasamu sendiri dengan memanfaatkan siaran kamu di internet? Tentu menjanjikan.

Karena video live stream bersifat interaktif, artinya kamu bisa berinteraksi langsung dengan penonton melalui scroll komentar yang mereka tulis. Akan lebih nyaman pastinya jika ada pertanyaan yang merka ajukan.

Kesimpulan

Dengan segala keuntungan menggunakan video live streaming yang bisa kamu manfaatkan sesuai tujuan dan kebutuhan kamu. Tidak ada salahnya bukan jika kamu mulai dari sekarang? Tentu semakin lama semakin banyak streamer yang menjajakan konten mereka. Jadi kamu harus lebih kreatif untuk membuat konten.

Mungkin kita akan lanjut manfaat video live streaming di artikel yang lain. Semoga bermanfaat ya Sobat Senta. Selamat berkarya! ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *