Apa itu Video Live Streaming? Ini Penjelasan Lengkap!

penjelasan-video-live-streaming-senta-studio

Video Live Streaming adalah penyiaran konten video melalui Internet yang disiarkan secara langsung lewat platform tertentu seperti YouTube, Facebook, Twitch, Instagram dan lain-lain. Streamer atau orang yang melakukan live streaming biasanya akan melakukan persiapan sebelum melakukan live streaming seperti, kamera dan koneksi internet yang kencang.

Sama seperti video conference atau video call, live streaming juga membutuhkan koneksi internet yang ngebut agar tidak ada lag atau gangguan di tengah siaran live streaming. Lag ini akan mempengaruhi kenyamannan penonton saat menyaksikan siaran.

Baca juga: 7 Manfaat Video Live Streaming Dan Penjelasannya

1. Siapa Saja yang Boleh Melakukan Live Streaming di Internet?

Tentunya siapa pun. Semua orang berhak melakukan live streaming dengan keahliannya masing-masing. Sama seperti kamu meng-upload foto atau video di Facebook atau Instagram. Kamu tidak perlu melakukan izin kepada siapa pun sampai ada regulasi yang dibuat oleh pemerintah kita. 🙂

Baca juga: Apa Jadinya Jika Video Live Streaming di Indonesia Dilarang?

Tapi tetap kamu harus berpedoman dengan aturan siaran yang sudah ditetapkan tiap platform live streaming.

2. Apa Saja Persiapan yang Diperlukan untuk Live Streaming?

Setidaknya kamu perlu beberapa persiapan untuk bisa melakukan live streaming tanpa ada masalah yang mengganggu. Seperti apa?

2.1. Koneksi Internet Super Ngebut!

Ini yang paling penting! Sebelum melakukan live streaming dengan lancar pastikan koneksi upload kamu minimal 10 Mbps ke atas dan stabil. Karena ketika kamu siaran secara langsung, resources yang banyak digunakan adalah internet.

Jika koneksi kamu empot-empotan ya jangan harap bisa lancar live streamingnya. Bisa jadi viewers kamu bakal kabur karena menonton siaran yang lag parah. Nyaman nggak sih jika kamu nonton video di YouTube tapi buffering mulu? Nggak kan..

2.2. Alat Seminimal Mungkin

Setidaknya kamu hanya perlu satu smartphone saja untuk bisa memulai video live streaming di berbagai platform. Ya, satu smartphone saja.

Dengan koneksi internet yang tertanam di smartphone, kalian langsung bisa melakukan live stream di berbagai macam platform seperti Instagram, Facebook dan YouTube.

Menggunakan smartphone untuk live streaming adalah pilihan yang paling minimal. Kamu tidak perlu keahlian khusus untuk menyeting sesuatu yang rumit.

2.3. Alat yang lebih canggih

Jika kamu ingin meningkatkan kualitas live streaming, kamu bisa pakai peralatan yang lebih canggih. Seperti komputer atau laptop spesifikasi tinggi yang bisa menampung banyak program untuk mengolah video live stream.

Baca juga: Jasa Edit Video Surabaya Berpengalaman

Kamera digital untuk pengambilan gambar yang lebih jernih dan program live streaming untuk mempercantik siaran live stream.

2.3.1. Komputer Spesifikasi Tinggi

Untuk bisa menampung beberapa program untuk melakukan siaran live stream kamu perlu komputer atau laptop dengan spesifikasi tinggi. Hampir mustahil jika kamu mau menambahkan teks berjalan di siaran tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer.

Manfaat video live streaming saat kamu pakai komputer bisa lebih mudah. Karena melakukan kontrol atas apa yang akan ditampilkan, seperti menambah teks, membuat poling interaktif, stream tampilan layar atau game streaming.

2.3.2. Kamera Tambahan

Alat lain yang kamu butuhkan untuk menunjang siaran live stream yang berkualitas adalah kamera eksternal tambahan. Kamu bisa pakai kamera mirrorless, DSLR, HD Webcam atau bahkan kamera smartphone.

Pilihan yang paling mudah adalah menggunakan kamera mirrorless atau Webcam yang resolusi HD, karena cara menghubungkan ke komputer tidak seruwet pakai DSLR atau smartphone. Jadi tinggal colok saja.

Kalau kamu pakai webcam bawaan laptop tentu hasilnya jelek.

2.3.2. Software Pendukung Live Streaming

Ini juga penting, tanpa program live stream kamu tidak bisa mengatur tampilan siaran. Ada banyak sekali pengaturan yang harus diatur di program live stream. Kamu harus sedikit belajar menyelam sambil minum air.

Contoh software live streaming adalah OBS Studio. OBS Studio adalah program open-source yang bisa kamu download dan gunakan secara gratis. Tentu dengan sedikit keahlian khusus untuk bisa mengoperasikan program ini.

3. Kesimpulan

Intinya, video live streaming saat ini sudah melalui banyak pengembangan yang penjang. Jika 5 tahun yang lalu video live streaming di Indonesia masih begitu asing sekali. Tapi di tahun 2020 ini sudah bukan menjadi hal yang istimewa, karena semua orang bisa live streaming snediri.

Hanya saja kita harus pintar-pintar mencari konten yang bagus dan menarik untuk dijadikan trend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *