Warning: mkdir(): Permission denied in /home/u4749215/public_html/wp-content/plugins/litespeed-cache/src/root.cls.php on line 79
apa-itu-video-vlog-dan-bagai-mana-caranya

Hari ini kamu jangan sampai ketinggalan bikin video vlog. Emang apaan sih vlog itu? hmmm..

Apa arti Vlog/Vlogging sebenarnya?

Sebelum YouTube bomming seperti sekarang, kata vlog masih belum terdengar nyaring di telinga orang Indonesia. Vlog sendiri adalah singkatan dari Video Blogging atau sebuah aktivitas blogging (yang dilakukan dalam keseharian) yang dibuat menggunakan video sebagai media penyampaiannya.

Sebelum vlogging mulai diminati, netizen jaman dahulu menggunakan blog gratisan atau website sebagai sarana penyampaian. Tapi karena peralihan dari tahun ke tahun yang lebih maju, orang mulai menggunakan media video sebagai blog mereka.

Seperti apa cara kerja Vlog / Video Vlog?

Jika sebelumnya kamu pernah menulis artikel di website atau surat kabar untuk sekedar berceloteh lucu dan kamu ingin orang lain membaca tulisan yang kamu buat, maka konsep vlog mirip seperti itu.

Hanya saja untuk membuat sebuah video vlog kamu perlu beberapa proses untuk membuatnya. Cara yang paling sederhana kamu hanya perlu memvideokan kegiatan kamu sehari-hari, lalu menguploadnya ke channel YouTube-mu. Dan.. Ta.. Da.. Kamu sudah membuat video vlog pertamamu. 🙂

Baca juga: Tips Menjadi YouTuber Pemula. Apa Langkah Pertamanya?

Apa saja yang diperlukan untuk membuat video vlog?

Kamu tidak memerlukan banyak keahlian khusus atau alat tertentu untuk membuat vlog pertamamu. Yang kamu perlukan hanyalah sebuah smartphone. Dan sedikit kreativitas dalam editing video.

Tertarik untuk pakai Jasa Edit Video Murah tapi hasil gak murahan? Bisa kok. Klik di sini!

Sebelum melakukan pengambilan gambar, pastikan dulu konsep vlog apa yang akan kamu buat. Tak perlu yang terlalu mewah, mulailah dari yang sederhana terlebih dahulu.

Seperti membuat video vlog keseharian kamu, bermain dengan peliharaan, berkebun atau jika kamu memiliki skill memasak, kenapa tak terpikirkan ya?

Masih bingung mau bikin konsep seperti apa? Okelah..

Beberapa jenis konten vlog..

Ada ratusan ribuan vlog dengan tema yang beragam di YouTube. Kamu hanya perlu satu tema unik yang akan kamu terapkan dikonten vlog kamu nantinya.

Memilih konsep yang sesuai dengan kepribadian dan keahlian kamu bisa menjadi nilai plus.

Dari sekian banyak konsep dan tema video blogging, ada 3 topik utama yang bisa kamu jadikan sebagai garis besar..

1. Reality Content

Reality Content biasanya lebih menjurus kosep video entertainment, seperti traveling, explore, social experiment dan sejenisnya.

Konsep seperti ini tidak memerlukan banyak skill untuk kamu bisa membuatnya. Hanya saja mungkin kamu akan lebih banyak membutuhkan aksesoris tambahan seperti tripod kamera, lensa yang bagus, alat perekam suara dan beberapa pendukung lainnya.

2. Tutorial

Setiap orang pasti memiliki setidaknya satu keahlian khusus bukan. Kamu bisa membuat video tutorial atau cara melakukan sesuatu.

Video vlog semacam ini lebih kepada edukasi atau pengenalan suatu hal. Entah itu untuk mempelajari suatu hal baru atau pengenalan produk.

Untuk membuat video vlog tutorial akan sedikit lebih sulit karena kamu perlu keahlian khusus untuk kamu peragakan. Kamu harus bisa membuat script yang runtun dan mudah dipahami viewers nantinya.

Penambahan teks dan musik yang baik akan semakin meningkatkan experience penonton agar tidak bosan.

3. Opinikan sesuatu..

Anggap saja kamu sudah kehabisan ide untuk membuat konten tutorial atau memiliki keterbatasan alat untuk membuat video entertainment. Tapi beruntungnya kamu memiliki keahlian dalam menyampaikan sesuatu.

Gaya bicara yang lugas, tegas, berbobot dan penuh dengan karisma kamu bisa membuat video vlog dengan konsep talking head.

Talking head semakin banyak peminatnya. Pernah nonton podcast Deddy Corbuzier? Nah, kenapa tak seperti itu?

Apakah harus mencari narasumber untuk dijadikan podcast? Tidak juga. Kamu hanya butuh berbicara di depan kamera, menyampaikan topik yang sedang hangat untuk dibahas dan mengutarakan opini kamu.

Video vlog seperti ini tidak membutuhkan banyak skill dan perlengkapan lain. Kamu bisa membuatnya sediri dengan bermodalkan smartphone kamu.

Hmmm… Boleh dicoba.. 🙂

Lihat portfolio editing video yang pernah Senta Studio kerjakan di link di bawah:

Portfolio Kami.


Senta Studio

Senta Studio - Jasa Foto Surabaya, Jasa Fotografi Surabaya, Jasa Video Shooting, Jasa Video Editing Surabaya.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *