Arsip Abadi: 7 Manfaat Video Dokumentasi [Info Lengkap]

manfaat-video-dokumentasi-senta-studio

Sebelum tahun 2010 manfaat video dokumentasi belum begitu bisa dirasakan. Video masih menjadi media yang begitu ‘mahal’. Alat yang digunakan dulu tak semudah saat ini. Apalagi harga pembuatan video dokumentasi untuk acara saat itu masih belum sepenuhnya terjangkau.

Jika melihat dari kegunaan video dokumentasi sangatlah beragam. Mulai dari kepraktisannya sampai isi konten yang bisa dijadikan bukti valid dan tidak mudah dipalsukan.

Berikut Senta Studio berikan banyak menfaat video dokumentasi untuk keperluan acara.

1. Rujukan Informasi

Dalam dunia jurnalistik modern ini keakuratan informasi harus memiliki rujukan yang kuat sebagai sumber referensi. Salah satunya bukti video yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: 6 Tips Mengadakan Seminar

Dengan adanya rujuakan yang valid seperti cuplikan video dokumentasi maka sangat sulit untuk menyangkalnya. Tidak seperti kutipan yang bersumber dari tulisan seperti buku atau artikel yang susah dibutikan keakuratannya.

2. Pengelolaan Data Lebih Mudah

Jika Anda adalah seorang yang bekerja di dunia jurnalistik manfaat video dokumentasi pada poin ini mungkin sangat membantu. Berbeda cara pengelolaan catatan berupa tulisan, pengelolaan data berupa video lebih mudah untuk diorganisir. Anda tidak perlu banyak menyediakan alat untuk mendokumentasikan peristiwa atau event penting.

Anda hanya perlu alat perekam sederhana seperti Handycam atau kamera smartphone.

3. Jasa Penyedia Jasa Video Dokumentasi Lebih Terjangkau Saat Ini

Dibandingkan 10 dekade kebelakang, harga penyedia jasa video dokumentasi acara atau event lebih terjangkau.

Alat yang digunakan juga lebih mudah dioperasikan, menjadikan harga sewa tidak semahal jaman dahulu. Harga yang perlu Anda kerluarkan untuk dapat menyewa vendor jasa video shooting hanya berkisar 1 juta rupiah hingga 5 juta rupiah. Tentu sangat layak.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Video Dokumentasi

Manfaat video dokumentasi lainnya Anda tidak perlu repot memikiran siapa yang akan mendokumentasikan acara Anda, bukan?

LIHAT HARGA PAKET VIDEO DOKUMENTASI SENTA STUDIO

4. Sebagai Media Hiburan

Mengulang sesuatu yang telah berlalu bukan kemampuan yang umum dimiliki manusia biasa. Tapi kabar baiknya kita mampu melihat dan mengulang suatu acara atau peristiwa dengan media video. Manfaat lain dari video dokumentasi adalah sebagai media hiburan yang dapat Anda putar berulang kali.

Baca juga: Kriteria Video yang Baik dan Bagus!

Video ulang tahun teman atau keluarga, TV Show, konser musik, pagelaran seni atau banyolan yang lucu bisa Anda jadikan hiburan tersendiri. Anda bisa betah seharian penuh hanya untuk menonton video. Betul, bukan? 🙂

5. Mudah Disimpan

Media video memiliki manfaat yang tak dimiliki media informasi yang lain. Selain tidak memakan ruang di tempat kerja atau lemari kamar Anda, manfaat video dokumentasi juga tidak ada potensi untuk aus dimakan usia. Berbeda dengan arsip berupa tulisan yang mudah rusak, kabur, terbakar dan beresiko dimakan rayap.

Anda hanya memerlukan media penyimpanan sekecil flashdisk atau hardisk eksternal untuk menyimpan semua video yang Anda punya.

6. Arsip Abadi

Arsip Abadi, mungkin terdengar lebay. Tapi jika melihat dari manfaat video dokumentasi tidak salah juga. Video yang Anda simpan dapat bertahan hingga selama-lamanya dan dapat Anda akses kapan saja Anda mau jika Anda benar cara menyimpannya. Butuh penjelasan?

Contoh media penyimpanan memory card. Anda pasti kenal dengan kartu microSD pada smartphone. Memory card keluaran terbaru didesain untuk tahan air dan debu.

Info: Paket Video Shooting Seminar dan Event Terbaru! Cek Di Sini!

Bisa dikatakan jika Anda menyimpan video dalam kartu microSD Anda memiliki potensi menyimpan data tersebut selamanya. Sampai Anda lupa meletakkannya di suatu tempat atau patah karena Anda simpan dalam dompet.

Untuk menhindari itu Anda dapat menyimpan video Anda di internet. Yap, ‘Abadi’.

7. Mudah Dibagikan pada Siapapun

Berbicara menyimpan video di Inetrnet, YouTube, Facebook, Instagram, Google Drive dan kawan-kawannya adalah salah satu hosted penyimpanan dengan basis cloud canggih yang dapat Anda gunakan untuk berbagi data, termasuk video.

Dengan begitu Anda terhindar dari segala hal yang beresiko kehilangan video dokumentasi Anda.

Anda dapat membagikan video hasil dokumentasi kepada siapa saja dengan berbagai tujuan, seperti untuk laporan atau hanya untuk sekedar berbagi kepada orang lain.

Manfaat Video Dokumentasi: Kesimpulan

Beragam manfaat video dokumentasi dapat Anda sesuaikan sesuai kebutuhan. Tentu untuk memiliki video dokumentasi Anda harus tahu cara pengambilan video yang tepat agar video Anda nyaman ditonton. Kualitas dan konten video juga menjadi faktor penting penyampaian informasi.

Baiklah, kami senang dapat berbagi pengetahuan dengan para pembaca. Semoga menambah wawasan baru. Terima kasih. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *